Media Dakwah

BUMIAswaja

Media Dakwah MWCNU Pragaan

IPNU Harus Optimal Perangi Narkoba

Sabtu, 20 Agustus 2016 13:43 WIB
183x Nasional

Blitar, NU Online
Pengurus dan anggota IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan IPPNU(Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) di sekolah baik swasta maupun negeri diminta bekerja lebih keras untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba dan paham radikal. Mereka diharapkan lebih aktif dalam mencegah pengaruh negatif khususnya di lingkungan sekolah.

“Peredaran obat terlarang di Blitar kian mengkhawatirkan.Tak hanya merambah orang dewasa melainkan sudah ke anak-anak.Untuk itu peran organisasi seperti IPNU dan OSIS perlu dioptimalkan,” kata Ketua PCNU Blitar KH Masdain Rifai Ahyat (Gus Dain) di tengah-tengah acara pembukaan PKPNU (19/8) kemarin.

Menurut Gus Dain, peredaran narkoba saat ini sudah dititik nadir. Hampir setiap hari tidak kurang dari 42 orang meninggal, akibat penggunaan narkoba. “Celakanya yang jadi korban terbesar adalah anak usia produktif termasuk kalangan pelajar dan mahasiswa,” kata Gus Dain.

Belum lama ini tepatnya 5 Agustus 2016 seorang anak dengan inisial JH (16) kelas 9 sebuah SMP swasta di Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar ditangkap petugas satuan narkoba Polres Blitar karena diduga menjadi pengedar pil dobel L. Dari tangannya, petugas menyita 60 butir pil gedek tersebut. Ia ditangkap di jalan Selopuro saat mengendarai sepeda motor sendirian.

"Saat digeledah petugas, di dalam jok sepeda motornya ditemukan pil dobel L tersebut,” ceritanya.

Selain menangkap JH, petugas malam itu juga mengamankan dua pelaku lainnya. Mereka adalah RH (16) teman sekelas JH, dan OK (20). Keduanya tetangga JH. Dari tangan RH, petugas menyita pil 60 butir atau sepaket. Sedangkan dari tangan OK, petugas mendapatkan 20 pil.

“Sebagai organisasi pelajar IPNU dan IPPNU harus menginisiasi, terkait pencegahaan narkoba di kalangan pelajar. Selama ini ikhtiar IPNU sudah baik dengan memberi penerangan melalui radio dan selebaran-selebaran tentang bahaya narkoba. Namun itu saja tidak cukup. Harus terjun langsung dengan kerja sama dengan BNN dan instansi lainnya,” kata Gus Dain.(Imam Kusnin Ahmad/Alhafiz K)

Sumber

Memuat Data...

Siapkan Identitas
Khusus Warga Kecamatan Pragaan